728x90 AdSpace

­
  • Latest News

    Rabu, 29 Januari 2014

    Lafzi, Penelusur Ayat Al Qur’an Dengan Lafadz Latin/Indonesia

    lafdzi-pencarian lafadz al quran

    Sahabat Fath, beberapa waktu yang lalu ada yang kunjung dan meninggalkan tautan tentang aplikasi online penelusur Ayat Al Quran bernama Lafzi. Ketika itu saya berjanji untuk mempostingkannya di blog ini, namun karena beberapa hal baru bisa saya tulis dalam kesempatan ini.

    Aplikasi ini merupakan hasil dari penelitian skripsi Departemen Ilmu Komputer, Institut Pertanian Bogor oleh Muhammad Abrar Istiadi, S.Kom. Dibuat untuk memudahkan pencarian ayat dengan lafaz tertentu pada Al-Quran hanya dengan aksara Latin biasa berdasarkan pelafalan pembicara bahasa Indonesia, tanpa perlu mengetikkannya dalam aksara Arab.

    Enaknya menggunakan Lafzi adalah sahabat tidak perlu terlalu pusing dengan detail transliterasi Arab ke Indonesia, yang penting bunyinya sama. Misalnya ketika sahabat mencari ayat yang ada kata  (  الذي خلق ) , maka tidak perlu terlalu detail menuliskan “alladzii kholaqo” cukup anda ketik sembarang “alladzi holako” atau “allazi holako” atau penulisan yang bunyinya hampir sama, maka lafzi akan membantu anda menelusuri dan menampilkan ayat yang dicari.

    image

    image

    Berikut ini contoh hasil telusur untuk kata, frasa atau kalimat dalam al Qur’an

    lafzi search-amantum lafzi walyatalathaf

    image

    Jadi jika sahabat merasa kesulitan atau ‘terlalu lama’ dengan penulisan skrip arabic untuk mencari lafadz sebuah ayat. Silahkan menggunakaan Lafzi di link berikut ini

    http://apps.cs.ipb.ac.id/lafzi/web/

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    2 komentar:

    1. engine tsb skrg dah diretas ma yg tdk brtanggung jwb...
      sedih,,,

      BalasHapus
    2. Tak bisa lg di Download.. Knp???!!

      BalasHapus

    Item Reviewed: Lafzi, Penelusur Ayat Al Qur’an Dengan Lafadz Latin/Indonesia Rating: 5 Reviewed By: fath-multimedia
    Scroll to Top