728x90 AdSpace

­
  • Latest News

    Rabu, 14 Agustus 2013

    Othman Quran Browser, Penyalin Teks Ayat di Linux

    Browser Ayat Al QuranSahabat Fath-Multimedia, Postingan kali ini adalah tentang software pencari dan penampil ayat Al Qur’an dengan gaya rasm Utsmani. Bagi para pengguna FOSS (Free Open Source Software) wabilkhusus para pengguna linux distro ubuntu dan turunannya software ini akan sangat bermanfaat untuk menyalin teks Ayat Al Qur’an dan menempatkannya pada program dokumen seperti LibreOffice ataupun program grafis.Othman Quran Browser_011Tampilannya cukup simpel, Perangkat pemilih surat, auto scrolling, fasilitas pencarian simpel dan penyalin teks. Setelah membuka surat tertentu, kita bisa langsung klik icon copy disudut kiri atas untuk memulai menyalin teks ke clipboard.
    Misalnya kita tentukan surat Al Fatihah dari ayat 1 sampai ayat 7. Tekan OK untuk menyalin. Jika rasm yang digunakan bukan bentuk rasm utsmani, kita bisa memberi tanda centang pada pilihan imla’i style untuk mendapatkan tulisan arab standar imla. Untuk memisahkan ayat perbaris beri tanda centang pada  an aya per line.Desktop_013Lalu tinggal mentarget program apa yang akan kita gunakan untuk menempatkan teks ayat hasil copian. Misalnya pastekan ke Inkscape supaya selanjutnya bisa kita edit sebagai gambar.
    Hasilnya, sahabat bisa lihat seperti gambar dibawah. Jika akan menggunakan rasm utsmani, akan lebih baik jika pada program yang digunakan kita gunakan font yang mendukung penulisan utsmani.New document 1 - Inkscape_015 Untuk Instalasinya, Bagi Pengguna Ubuntu bisa langsung mencari pada Ubuntu Software Center (Pusat Perangkat Lunak Ubuntu) kemudian pilih kategori Education (Pendidikan) dan cari Othman Quran Browser (Electronic Mus-haf).
    Pastikan terhubung dengan internet, tekan Install tunggu sebentar dan beres :).  Untuk Uninstall klik pada Remove.Ubuntu Software Center_023
    Semoga bermanfaat :)
    Versi         : Othman 0.2.7-1
    Developer : Muayyad Saleh AlSadi (Pengembang Distro GNU/Linux Ojuba)
    Ukuran      : 218.1 kBAbout Othman Quran Browser_024
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Othman Quran Browser, Penyalin Teks Ayat di Linux Rating: 5 Reviewed By: fath-multimedia
    Scroll to Top